.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Senin, 26 April 2010

SEJARAH BERDIRINYA SDIT

Seuntai Makna

Tidakkah kamu perhatikan, Bagaimana Allah telah
membuat perumpamaan, kalimat yang baik
 seperti pohon yang baik,
akarnya teguh dan cabangnya menjulang ke langit.
Pohon itu memberikan buahnya
pada setiap musim dengan seizin
Tuhannya.Allah membuat
perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia
supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan
 kalimat  yang buruk seperti pohon yang buruk,
yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari
 permukaan bumi, tidak dapat tegak sedikitpun.
Allah meneguhkan orang-orang yang beriman dengan
ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di Dunia dan
di Akherat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.
(QS. Ibrahim: 24 - 27)

Setetes Embun

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan taufiq dan inayah-Nya, sehingga profil SDIT Salsabila Purworejo   ini dapat terselesaikan. Selain itu, kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu baik moril maupun materil selama proses penyusunan sehingga terwujudnya buku ini.
Setelah beberapa waktu berusaha dalam perumusan “Jati diri” lewat pengalaman sehari-hari dan melihat perkembangan SDIT Salsabila Purworejo   selama ini, maka tersusunlah sebuah profil yang menggambarkan secara menyeluruh tentang SDIT Salsabila Purworejo
Penyusunan buku profil ini dilandasi dari kebutuhan yang sangat mendesak, mengingat banyaknya wali murid, masyarakat, dan pihak-pihak lain yang membutuhkan informasi seputar manajemen dan perkembangan sekolah secara umum. Harapan ini kemudian kami realisasikan dalam penyusunan buku profil SDIT Salsabila Purworejo seperti yang ada sekarang ini.
Kami berharap profil ini dapat mempermudah pemahaman kita semua terhadap dasar, arah, program pendidikan serta berbagai informasi seputar pengembangan SDIT Salsabila Purworejo Sehingga diharapkan apa yang sudah ada saat ini menjadi perhatian bagi kita semua untuk terus-menerus memperbaiki kualitas pendidikan dari waktu ke waktu.  
Kami menyadari sepenuhnya bahwa hanya Allah-lah yang memiliki segala kesempurnaan, sehingga kami senantiasa mengharap kritik dan saran yang konstruktif dari semua pihak demi kemajuan di masa mendatang. Atas partisipasi yang telah diberikan, kami mengucapkan terima kasih. Semoga, yang sedikit ini menjadi amal ibadah kita. Amin.



                                                             Kepala Sekolah
Muqoddimah

Dalam beberapa tahun ini terakhir ini terdapat kecenderungan baru di masyarakat Indonesia, khususnya dikalangan keluarga muslim, untuk sedini mungkin memasukkan anak-anaknya ke lembaga pendidikan yang menawarkan konsep pendidikan yang beraneka rupa, namun  memiliki ciri khusus keagamaan Islam.
Pendidikan  di sekolah Dasar kini mendapatkan perhatian  besar, tidak saja dari masyarakat luas, tetapi juga dari kalangan akademisi. Pendidikan pada sekolah Dasar ini dinilai menjadi pendidikan yang menjadi dasar bagi pendidikan sesudahnya. Hal ini mengingat  pendidikan tidak dapat dilaksanakan secara mendadak langsung ketika anak sudah besar. Justru ketika masih kecil itulah pendidikan perlu direncanakan sebaik mungkin, karena meletakkan dasar dan pondasi yang kokoh.
Sekolah Dasar merupakan masa pembentukan aspek-aspek dasar kecerdasan dan pendidikan perilaku. Dapat dibayangkan apabila pendidikan Dasar sekolah terlalu mementingkan aspek kognitif dibanding aspek-aspek yang lainnya, maka masa kanak-kanak mereka menjadi muram dikarenakan kehilangan modal belajar yang berupa positive mental, global learning, happy learning, dan positive supporting yang mengagumkan.
SDIT Salsabila Purworejo   menjadi salah satu institusi penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul. Selain karena memiliki karakteristik yang hampir sama dengan sekolah dasar pada umumnya, namun ada kelebihan yang membedakannya dengan sekolah yang lain, baik menyangkut visi-misi, kurikulum, program kegiatan, sistem pembelajaran serta beberapa hal penting lainnya. Hal inilah yang menjadikan SDIT Salsabila ini lahir dengan mengemban amanah yang sangat besar dalam rangka mengembangkan potensi siswa menjadi manusia yang unggul, baik secara intelektual, skill (keterampilan), maupun moral-spiritual.

PROFIL
 SDIT SALSABILA PURWOREJO  


A. Sejarah Berdiri
Pendidikan yang bercirikan secara khusus agama adalah strategi yang cocok untuk anak usia dini. Pendidikan agama yang dimaksud adalah berkaitan dengan teori-teori belajar yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan mutaqadimin maupun mutaakhirin yang dipadukan dengan teori pendidikan modern. Berdasarkan hal tersebut, maka setelah dikaji bersama Tim Kreatif LPI Salsabila Yayasan SPA Yogyakarta lahirlah konsep Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila Purworejo
Konsep pendidikan dan pembelajaran terpadu dimaksudkan dengan keterpaduan antara sistem pendidikan Pesantren dengan sisitem Pendidikan umum yang mengintegrasiakan kurikulum Nasional dengan kurikulum Yayasan. Hal ini menjadi suatu keyakinan, bahwa sistem pendidikan seperti inilah yang Insya Allah akan menghasilkan pribadi yang seimbang, baik pada aspek kognitif, afektif, psimotorik maupun spiritualnya.
Berdasarkan rumusan yang telah ada, maka pada bulan Mei 2005 SDIT Salsabila Purworejo scr resmi dibentuk oleh Yayasan Silaturahim Pecinta Anak-Anak (SPA) Yogyakarta. Sejak saat itu, berbagai upaya telah dilakukan untuk membesarkan lembaga pendidikan ini agar dikenal oleh masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman